Growing Every Day
Just like a tree, Landson grows every day. Come, be the witness of our growth
/ Home / News / Did You Know

Tahukah Anda Gejala DBD?

Jakarta, Tuesday, 10 November 2009| www.kompas.com

Setiap kali pergantian musim tiba, fenomena penyakit demam berdarah dengue (DBD) yang tergolong mematikan menjadi ancaman penduduk negara tropis seperti Indonesia.

DBD disebabkan oleh virus dengue yang ditularkan lewat gigitan nyamuk Aedes aegipty atau Aedes albopictus berkelamin betina. Nyamuk berkaki belang-belang putih ini menggigit manusia di siang hari. Virus dengue terdiri dari empat jenis (strain), yakni dengue tipe 1,2,3, dan 4. Namun tipe yang dominan di Indonesia adalah tipe 3.

Penyakit DBD sampai sekarang memang tidak terduga. Secara umum penyakit ini memiliki ciri seperti panas tinggi, pusing, bahkan muntah darah. Namun sayangnya, gejala yang sama sering ditemukan pada penyakit lain. Akibatnya, sampai sekarang sering terjadi salah diagnosis. Oleh sebab itu, Anda harus lebih waspada dan mengenali gejala lainnya.

GEJALA:
- Demam tinggi mendadak
- Sakit kepala berat, terutama di bagian dahi
- Nyeri pada tubuh dan sendi
- Mual atau muntah
- Muka kemerahan
- Pemeriksaan laboratorium menunjukkan leukosit dan trombosit turun (kurang dari 100 ribu) dan terjadi peningkatan hematokrit (kekentalan darah).

PENANGANAN

- Monitor suhu tubuh penderita setiap hari
- Bawa penderita kembali ke dokter bila demam berlangsung 3 hari
- Istirahat dan asupan cairan yang cukup merupakan dua hal yang sangat penting pada pasien infeksi virus dengue.
- Bila penderita makin lemas, muntah, sulit makan atau minum, perlu dilakukan pemberian cairan infus oleh dokter.
- Bila hasil laboratorium menunjukkan ada tanda-tanda penurunan trombosit atau peningkatan  hematokrit, penderita harus dirawat di rumah sakit.
- Pasien diawasi jangan sampai terjadi syok yang ditandai dengan rasa lemas, mengantuk, dan pingsan, sementara kaki terasa dingin sekali.

Other Articles

  • Tahukah Anda Gejala DBD?
    Setiap kali pergantian musim tiba, fenomena penyakit demam berdarah dengue (DBD) yang tergolong mematikan menjadi ancaman penduduk negara tropis seperti Indonesia.
  • Proza and Swine flu
    Proza is a food supplement which designed and developed exclusively by LANDSON as an adjuvant for respiratory track infection and also to increase body immunity system.
  • Pertahanan Indonesia Jebol, Dua Orang Positif Flu Babi
    Menteri Kesehatan Siti Fadilah Supari mengumumkan, dua orang terindikasi positif mengidap flu babi di Indonesia, Rabu (24/6).
  • Jus, Tak Semua Sehat
    Siapa yang tidak suka minum jus buah.
  • Vaksin Meningitis Tak Mengandung Lemak Babi
    Kepala Dinas Kesehatan Kota Palembang, Gema Asiani mengatakan, vaksin meningitis yang menjadi salah satu syarat berangkat haji maupun umroh ke tanah suci tidak mengandung lemak babi.
  • Suplemen yang Wajib Diwaspadai
    Pemakaian suplemen di bawah ini sebaiknya dikonsultasikan dulu dengan dokter.
  • Bird flu “causes first dog death“
    A stray dog has died of bird flu in the Caspian nation of Azerbaijan, health officials have said - thought to be the first time the virus has killed a dog.

  1

2

3

4

5

6

  

Manfaat Omega-3 Bagi Kesehatan Dengan Dosis Yang Tepat

National Center for Health Statistic, USA 2015, melakukan survei produk natural yang paling banyak digunakan di USA adalah fish oil/OMEGA-3. OMEGA-3 adalah asam lemak esensial yang tidak bisa dibuat oleh tubuh kita sehingga kita memerlukan asupan melalui makanan. Bagaimana memilih suplemen OMEGA-3 yang tepat dan memberi manfaat?

>> more