Growing Every Day
Just like a tree, Landson grows every day. Come, be the witness of our growth
/ Home / News / Did You Know

Waspadai Ancaman Virus Flu Burung Antar Manusia

Jakarta, Wednesday, 12 August 2009

BISNIS.COM- JAKARTA (Bisnis): Bila estimasi WHO ancaman penularan virus flu burung antar manusia nantinya bakal terjadi di Indonesia, maka penting diwaspadai oleh semua masyarakat untuk bersiap menghadapi pandemi flu burung, kata Menkes Siti fadilah Supari.

Ancaman itu, menurut dia, mencuat karena tingginya densitas atau kepadatan populasi manusia maupun populasi jumlah unggas di beberapa kota besar yang padat di Indonesia, seperti kawasan Jabotabek, Pulau Jawa, dan Sumatera.

"Di Jabotabek tingkat kepadatan atau densitas populasi manusia dan unggas, nyaris mencapai 6.000-an per km2, suatu kondisi yang amat kondusif bagi penularan wabah penyakit bila ancaman pandemik terjadi", ujarnya ketika membuka seminar nasional Perspektif global antisipasi pandemi flu burung.

Penyakit Avian Influenza (AI) merupakan penyakit menular pada unggas yang bersifat zoonosis, dan disebabkan oleh virus influenza A subtipe H5N1 yang memiliki sifat patogenitas yang rendah, dan sangat pathogen. Pandemi flu burung kini merupakan ancaman bagi dunia kesehatan, baik nasional maupun internasional.

Informasi kasus harus transparan, dan masyrakat harus melaporkan ke RS rujukan flu burung bila menemui ada pasien yang dicurigai terserang virus tersebut.

Seminar nasional ini diselenggarakan oleh Landson Pertiwi Agung, perusahaan farmasi nasional yang memproduksi sediaan imunomodulator produk herbal yang berfungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh dalam menghadapi berbagai penyakit.

Jimmy Sudharta, Presdir sekaligus pemilik Landson PT Pertiwi Agung, menuturkan seminar antisipasi pandemi flu burung diikuti sedikitnya oleh 1.000 dokter dari seluruh RS di Indonesia itu, sebagai partisipasi perusahaannya dalam mewujudkan corporate social responsibility (CSR).

Peserta seminar juga memperoleh CD perihal penanganan flu burung di RSPI Prof. Sulianti Saroso. Bagi dokter dan masyarakat yang memerlukan CD tersebut, katanya, dapat menghubungi Landson atau website: www.landson.co.id.

Di Indonesia dengan kejadian luar biasa infeksi flu burung, dimana penanganannya dipusatkan di RS Penyakit Infeksi Sulianti Saroso beserta 44 RS rujukan lainnya, tentunya memiliki pengalaman khusus dalam penanganan pasien flu burung sampai saat ini.

Untuk itu penting bagi profesi dokter baik yang bekerja di rumah sakit, maupun dalam praktek sehari-hari untuk mengetahui upaya pencegahan, deteksi dini, serta penanggulangannya.

Oleh: Rahmayulis Saleh

Sumber : www.bisnis.com

Other Articles

  1

2

3

4

5

6
  

Manfaat Omega-3 Bagi Kesehatan Dengan Dosis Yang Tepat

National Center for Health Statistic, USA 2015, melakukan survei produk natural yang paling banyak digunakan di USA adalah fish oil/OMEGA-3. OMEGA-3 adalah asam lemak esensial yang tidak bisa dibuat oleh tubuh kita sehingga kita memerlukan asupan melalui makanan. Bagaimana memilih suplemen OMEGA-3 yang tepat dan memberi manfaat?

>> more