Growing Every Day
Just like a tree, Landson grows every day. Come, be the witness of our growth
/ Home / News / Did You Know

Manfaat Omega-3 Bagi Kesehatan Dengan Dosis Yang Tepat

Jakarta, Monday, 6 June 2016| landson.co.id

 

 

National Center for Health Statistic, USA 2015, melakukan survei penggunaan produk natural selama tahun 2002-2012, menunjukkan hasil bahwa produk natural yang paling banyak digunakan di USA sebagai urutan pertama adalah fish oil/OMEGA-3/asam lemak EPA- DHA.1

Apakah OMEGA-3 itu ? 2

  1. OMEGA-3 adalah asam lemak esensial yang tidak bisa dibuat oleh tubuh kita sehingga kita memerlukan asupan melalui makanan.
  2. OMEGA-3 juga dikenal dengan PUFA (PolyUnsaturated Fatty Acids = asam lemak rantai panjang tidak jenuh) dan memegang peranan penting dalam fungsi otak (konsentrasi tertinggi di otak), serta perkembangan dan pertumbuhan normal.
  3. Bayi yang tidak cukup mendapat OMEGA-3 dari ibunya selama kehamilan memiliki resiko pada perkembangan penglihatan dan masalah pada sistem saraf.
  4. Disamping itu juga OMEGA-3 dapat mengurangi inflamasi/radang dan bisa membantu mengurangi resiko dari penyakit-penyakit kronik seperti penyakit jantung, kanker dan artritis.

 

Meskipun OMEGA-3 bermanfaat dalam kesehatan secara keseluruhan, sayangnya, statistik terbaru menunjukkan bahwa sebagian besar orang di Amerika tidak mendapat cukup asupan OMEGA-3 dan diduga hal itu terjadi juga di belahan dunia lainnya termasuk di Indonesia.

Apa akibatnya bila kita mengalami kekurangan OMEGA-3 dalam tubuh kita?

Defisiensi/kekurangan OMEGA-3 dapat menimbulkan gejala antara lain sebagai berikut :

kulit kering dan gatal; rambut kering, rapuh, kusam, dan berketombe; kuku lunak, dan rapuh; haus yang berlebihan, dan sering buang air kecil; sulit tidur dimalam hari, dan sulit bangun dipagi hari; kurang atensi, kurang daya ingat, konsentrasi yang mudah teralihkan, depresi, dan kecemasan yang tidak diketahui penyebabnya; serta dapat pula  terjadi nyeri sendi.4

 

Penggunaan OMEGA-3 berdasarkan bukti penelitian oleh Mayo Clinic, USA masuk pada kategori A (bukti ilmiah yang kuat) yaitu untuk kasus penyakit jantung koroner, tekanan darah tinggi, hipertrigliseridemia (trigliserid meningkat dalam darah), reumatoid artritis, pencegahan sekunder penyakit jantung koroner.3

 

Mekanisme kerja OMEGA 3 : 5

OMEGA-3 melindungi sistem jantung dan pembuluh darah melalui mekanisme sebagai :

  • antiaritmik (menormalkan irama jantung),
  • antitrombosis (mencegah terbentuknya bekuan darah),
  • antiaterosklerotik (mencegah terjadinya timbunan lemak pada pembuluh darah),
  • anti radang,
  • perbaikan fungsi endotel (lapisan sel gepeng yang melapisi permukaan dalam pembuluh darah) ,
  • penurunan tekanan darah,
  • penurunan kadar lemak darah trigliserid.

 

Penelitian menunjukkan data-data berikut ini :

  • Adanya hubungan terbalik antara penyakit jantung dan pembuluh darah dengan konsumsi ikan, minyak ikan maupun OMEGA-3.
  • Pencegahan primer dan sekunder post-Miokard Infark (setelah kematian sebagian dari otot jantung) dengan mengkonsumsi ikan, minyak ikan ataupun OMEGA-3.
  • Pengobatan meningkatnya kadar lemak darah trigliserid dengan konsentrat etil ester OMEGA-3 baik tunggal ataupun bersama dengan statin atau antilipid lain menghasilkan penurunan kadar trigliserid darah.10

 

Penelitian GISSI yang menggunakan 1 g OMEGA-3 dengan kandungan EPA 465 mg dan DHA 375 mg menunjukkan bahwa kandungan tinggi EPA dan DHA minimal 80% dapat mencegah kematian pada pasien-pasien dengan penyakit jantung koroner yaitu7

  • 21% penurunan total angka kematian,
  • 29% penurunan angka kematian pada penyakit jantung koroner,
  • 30% penurunan kematian karena penyakit jantung dan pembuluh darah,
  • 45% penurunan kematian mendadak.

 

Selain penelitian OMEGA-3 yang berhubungan dengan penyakit jantung dan pembuluh darah serta peningkatan lemak darah trigliserid, sudah banyak penelitian untuk disiplin ilmu penyakit-penyakit lainnya misalnya reumatoid artritis (radang sendi); kejiwaan seperti bipolar, depresi; untuk kondisi kehamilan dan menyusui; kanker; penyakit ginjal; kelainan mata dan lain-lain.

 

Rekomendasi Diet6

American Heart Association (AHA) :

  • Pada orang tanpa riwayat penyakit jantung: 2 kali makan ikan/minggu, sebaiknya ikan yang mempunyai kandungan tinggi EPA dan DHA.
  • Pada pasien dengan riwayat penyakit jantung koroner kebutuhan  EPA + DHA = 1 g/hari.
  • Peningkatan lemak darah trigliserid : DHA + EPA= 2 g - 4 g/hari menurunkan trigliserid 20-40%.

Ikan merupakan sumber protein yang baik dan rendah lemak jenuh. Dari hasil penelitian  ditemukan empat jenis ikan sumber OMEGA-3 tertinggi yang bermanfaat sebagai pelindung jantung karena mengandung EPA dan DHA yaitu ikan mackerel, salmon (ada 2 jenis yaitu salmon diternak dan salmon liar), herring, dan anchovy (table.1). Keempat sumber terbaik ini ditangkap di perairan terbuka lautan Atlantik dan Pasifik yang bebas pencemaran.

 

Tabel.1. Jenis Ikan sebagai sumber tertinggi OMEGA-3 (EPA dan DHA)7

NAMA IKAN

EPA, mg/100 g.

DHA,mg/100 g.

EPA+DHA,mg/100 g.

Anchovy

763

1.292

2.055

Herring,Atlantic

909

1.105

2.014

Salmon (diternak/liar)

862/411

1.104/1.429

1.966/1.840

Mackerel,Atlantic

504

699

1.203

 

Pemilihan ikan sebagai sumber OMEGA-3, selain memperhatikan jumlah EPA dan DHA, harus dipastikan ikan yang dikonsumsi adalah ikan yang bebas logam berat terutama merkuri yaitu <0,1 mg/kg.8

 

Tabel 2. Kadar OMEGA 3 (EPA & DHA) dan merkuri.

(Joint FAO/WHO Expert Consultation on the Risks & Benefits of Fish Consumption).9

 

Pada tabel 2. yang bersumber dari Badan Pangan Dunia (FAO) dan World Health Organization (WHO) menggambarkan kadar OMEGA-3 (EPA & DHA) dan kadar logam berat merkuri. Semakin ke arah kanan maka kadar EPA dan DHA pada ikan tersebut semakin tinggi sehingga ini merupakan pilihan ikan yang baik untuk kesehatan. Tabel 2. arah menurun, menunjukkan semakin ke arah bawah maka kadar merkuri semakin besar yang beresiko membahayakan kesehatan. Dari tabel 2. dapat dilihat bahwa Ikan Anchovy (termasuk kumpulan ikan kecil yang hidup pada kedalaman 3.6 km – 11 km dibawah laut) memiliki kandungan EPA dan DHA paling tinggi dan kadar merkuri paling rendah. Jadi ikan Anchovy merupakan pilihan yang terbaik. Sedangkan ikan catfish (ikan lele, ikan patin yang bisa kita dapatkan sehari-hari) berada pada tabel kiri atas dimana kandungan EPA dan DHA paling rendah walaupun kadar merkurinya juga paling rendah.

 

Kebutuhan EPA dan DHA yang tinggi sesuai rekomendasi American Heart Association (AHA) didapat dengan mengkonsumsi ikan dengan kandungan tinggi EPA dan DHA seperti tabel di atas, namun bila kita tidak sempat makan ikan seperti yang tercantum pada tabel diatas dapat diganti dengan suplemen minyak ikan OMEGA-3.

 

OMEGA-3……………WHICH ONE ?

Bagaimana memilih suplemen OMEGA-3 yang tepat dan memberi manfaat?

Saat ini sudah banyak beredar suplemen OMEGA-3 dengan variasi konsentrasi 1 g OMEGA-3 mengandung EPA+DHA :

  1. Kadar rendah 20-30%.
  2. Kadar sedang >30-60%.
  3. Kadar tinggi >60 %.

Bila kita menginginkan efek klinis yang jelas misalnya untuk indikasi penyakit jantung dan peningkatan kadar lemak trigliserid dalam darah, maka diperlukan dosis antara 1-4 g (tiap 1 g mengandung EPA+DHA min 80 % yang telah disetujui US FDA).

Jadi sebetulnya dosis dari OMEGA-3 yang memberi manfaat bagi kesehatan kita, harus berdasarkan jumlah EPA dan DHA, bukan berdasarkan pada jumlah total minyak ikannya.

 

Apakah efek samping yang mungkin terjadi pada konsumsi OMEGA-3 ?

OMEGA-3 dapat meningkatkan risiko perdarahan jika dikonsumsi > 3g EPA dan DHA. Efek samping lainnya dari OMEGA-3 bersifat individual misalnya dispepsia dan rasa amis ketika sendawa.

 

MENGAPA MEMILIH CORMEGA® ?

CORMEGA® adalah suplemen berupa kapsul lunak 1 g OMEGA-3 dengan komposisi EPA 440 mg dan DHA 370 mg (81 %), jadi sangat mendekati OMEGA-3 yang digunakan untuk penelitian seperti bahasan di atas.

Apakah sumber ikan suplemen CORMEGA®?  CORMEGA® menggunakan ikan Anchovy sebagai sumber EPA dan DHA, sebagai ikan yang memiliki kandungan EPA dan DHA paling tinggi dan kadar merkuri paling rendah.

Oleh karena itu kami sampaikan bahwa CORMEGA® adalah suplemen yang dapat dipercaya (The Most Trusted Ingredients) dan ekonomis.

 

Tabel 3. Perbandingan CORMEGA® dengan OMEGA-3 lainnya di Indonesia.

PERBANDINGAN

CORMEGA®

Omega-3 X

Omega-3 Y

Omega-3 Z

BERAT SEDIAAN

1 g.

1,2 g.

1 g.

1,2 g.

KADAR EPA

Minimal  440 mg

180 mg

300 mg

360 mg

KADAR DHA

Minimal  370 mg

120 mg

HARGA HNA

Rp. 9.000,-

Rp. 3.500,-

Rp.4.000,-

RP.4.500,-

Konversi harga versus EPA-DHA

Rp. 9.000,-

Rp.10.500,-

Rp.12.000,-

Rp.13.500,-

BEBAS LOGAM BERAT (Sertifikat)

?

?

?

 

 

Saving 50 % Or More For Your Premium Natural Products.

 

 

Daftar pustaka :

  1. https://nccih.nih.gov/research/statistics/NHIS/2012/natural-products
  2. http://umm.edu/health/medical/altmed/supplement/OMEGA3-fatty-acids
  3. http://www.mayoclinic.org/drugs-supplements/OMEGA-3-fatty-acids-fish-oil-alpha-linolenic-acid/evidence/hrb-20059372 
  4. https://igennus.com/nutrition/OMEGA-3-science/OMEGA-3-deficiences/
  5. Weitz D.et.al. Fish Oil for the Treatment of Cardiovascular Disease. Cardiol Rev. 2010 ; 18(5): 258–263.
  6. Kris, et al. OMEGA-3 Fatty Acids and Cardiovascular Disease New Recommendations From the American Heart Association. Arteriosclerosis, Thrombosis, and Vascular Biology 2003, 23 : 151-152.
  7. Lavie, et al. OMEGA-3 Polyunsaturated Fatty Acids and Cardiovascular Diseases. J Am Coll Cardiol 2009; 54 : 585–94.
  8. Mozaffarian D.OMEGA-3 Fatty Acids and Cardiovascular Disease Effects on Risk Factors, Molecular Pathways, and Clinical Events. J Am Coll Cardiol 2011;58:2047–67.
  9. Joint FAO/WHO Expert Consultation on the Risks and Benefits of Fish Consumption | | Patterson Clark/The Washington Post April 3, 2012 .
  10. Bays, et al. Prescription OMEGA-3 Fatty Acids and Their Lipid Effects: Physiologic Mechanisms of Action and Clinical Implications. Expert Review Cardiovasc Ther. 2008;6(3):391-409.

Other Articles

  1

2

3

4

5

6

  

Manfaat Omega-3 Bagi Kesehatan Dengan Dosis Yang Tepat

National Center for Health Statistic, USA 2015, melakukan survei produk natural yang paling banyak digunakan di USA adalah fish oil/OMEGA-3. OMEGA-3 adalah asam lemak esensial yang tidak bisa dibuat oleh tubuh kita sehingga kita memerlukan asupan melalui makanan. Bagaimana memilih suplemen OMEGA-3 yang tepat dan memberi manfaat?

>> more